Badan POM adakan FGD Pengembangan UMKM Obat Tradisional
Tanggal Posting : Senin, 30 April 2018 | 06:11
Liputan : Redaksi - Dibaca : 195 Kali
Badan POM adakan FGD Pengembangan UMKM Obat Tradisional
Badan POM adakan FGD Pengembangan UMKM Obat Tradisional, 30 April 2018, di Jakarta.

HerbaIndonesia.Com. Badan POM mengadakan Focus Group Discussion (FGD) ’Pengembangan UMKM Obat Tradisional’, pada hari ini, tanggal 30 April 2018, di Jakarta, dengan melibatkan semua stakeholders Obat Tradisional yang terkait. FGD dijadwalkan akan dipimpin langsung oleh Kepala Badan POM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP. didampingi sejumlah Pejabat Tinggi Badan POM.

Dengan tema: "UMKM Obat Tradisional sebagai Penggerak Ekonomi Rakyat," diharapkan FGD ini dapat memberikan terobosan dalam pengembangan Obat Tradisional di Indonesia di masa mendatang.

Latar belakang diadakan FGD adalah: Obat tradisional merupakan produk yang dibuat dari bahan alam yang jenis dan sifat kandungan sangat beragam. Untuk menjamin standard mutu dan keamanan produk obat tradisional, diperlukan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB).

Penerapan CPOTB merupakan persyaratan kelayakan dasar untuk menerapkan sistem jaminan mutu dan keamanan yang diakui dunia internasional. Terlebih lagi untuk mengantisipasi pasar bebas di era globalisasi, maka penerapan CPOTB merupakan nilai tambah bagi produk obat tradisional Indonesia, agar dapat bersaing dengan produk sejenis dari negara lain dipasar dalam negeri maupun global.

Dalam era harmonisasi, CPOTB merupakan persyaratan mutlak agar produk obat tradisional dapat diterima di pasar global.

Sebelumnya, Badan POM melaksanakan FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) "Percepatan Pengembangan dan Peningkatan Pemanfaatan Fitofarmaka." FGD ini digelar pada Kamis, 12 April 2018, di Jakarta, melibatkan seluruh stakeholders terkait.

Langkah strategis BPOM ini akan sangat mungkin menjadi babak baru untuk produk obat herbal Fitofarmaka Indonesia. Sebuah komitmen yang akan menjadikan kekayaan alam Indonesia sebagai salah satu sumber bahan baku obat di Indonesia.

Semoga kedua FGD tersebut diatas, melahirkan terobosan dalam pengembangan Obat Herbal di Indonesia yang potensi dan pasarnya sangat besar ini.

Simak Serial berita FGD Badan POM "Pengembangan UMKM Obat Tradisional" yang akan dimuat berseri di media online herbal: www.herba-indonesia.com Redaksi HerbaIndonesia.Com

 

 


Kolom Komentar
Berita Terkait