BPOM Malut Dorong Pengembangan Obat Tradisional Herbal Kearifan Lokal
Tanggal Posting : Sabtu, 6 April 2019 | 01:20
Liputan : Redaksi - Dibaca : 48 Kali
BPOM Malut Dorong Pengembangan Obat Tradisional Herbal Kearifan Lokal
Kepala Balai POM Provinsi Maluku Utara (Malut) Dra. Sarinah, Apt. Foto: www.malut.lentera.co.id

HerbaIndonesia.Com. Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Maluku Utara saat ini terus mendorong pengembangan obat tradisional herbal untuk dikembangkan dengan menggunakan kearifan lokal.

Upaya mendorong pengembangan tersebut dengan terus memberikan Komunikasi, Edukasi dan Informasi (KIE) yang jelas, sehingga obat tradisional herbal yang dikembangkan mendapat registrasi dari BPOM.

Untuk memberikan pemahaman mengenai pengembangan tersebut BPOM Maluku Utara Kamis (4/4/2019) melakukan pemahaman KIE kepada mahasiswa di Fikes Tobelo Halmahera Utara tentang pengembangan obat tradisional herbal.

Kepala BPOM Provinsi Maluku Utara Sarinah mengatakan, dalam mengembangkan obat tradisional herbal hendaknya harus cerdas dalam menggunakan obat herbal juga harus cerdas memilih dan mengkonsumsi.

"Salah satu inovasi yang dikembangkan obat tradisional herbal oleh Direktur Fikes Tobelo menggunakan bahan kearifan lokal dari tanaman golobe untuk pengobatan HIV/AIDS," Ungkap Sarinah.

Upaya pengembangan produksi obat tradisional herbal tersebut kata sarinah, pihaknya sangat mendukung dengan terus memberikan pembinaan dan pengawalan.

Maluku Utara sebagai daerah yang kaya dengan rempah-rempah maupun herbal sangat memungkinkan untuk produksi obat tradisional herbal.

Saat ini di Maluku Utara baru pertama kali Fikes Tobelo mengembangkan produksi obat tradisional herbal.

Keberadaan produk obat tradisional herbal dengan menggunakan bahan kearifan lokal dari tanaman Golobe untuk pengobatan HIV/AIDS sudah dilakukan pengenalan sampai ke luar negeri, sehingga BPOM Maluku Utara akan terus mendorong pengembangan obat tradisional herbal tersebut. (Sumber: http://rri.co.id/post/berita/657607/daerah/bpom_malut_dorong_pengembangan_obat_tradisional_herbal_kearifan_lokal.html). Redaksi HerbaIndonesia.Com


Kolom Komentar
Berita Terkait