BPOM Adakan Desk Consultation Saat Bimtek Iklan dan Penandaan Obat Tradisional
Tanggal Posting : Sabtu, 5 Januari 2019 | 06:48
Liputan : Redaksi - Dibaca : 60 Kali
BPOM Adakan Desk Consultation Saat Bimtek Iklan dan Penandaan Obat Tradisional
Foto: Minum Jamu Bersama pada saat Bimtek Iklan dan Penandaan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan yang diadakan oleh BPOM di Surakarta, 19-20 Desember 2018.

HerbaIndonesia.Com. Hari kedua Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada pelaku usaha Obat Tradisional (OT) dan Suplemen Kesehatan (SK) yang diadakan oleh BPOM diisi dengan kegiatan desk consultation, sebagai upaya BPOM untuk membantu pelaku usaha jika ada permasalahan dalam iklan dan penandaan.

Dra. Indriaty Tubagus, Apt., M.Kes, Direktur Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan Badan POM, menjelaskan bahwa Desk CAPA adalah kegiatan Layanan Publik dari Direktorat Pengawasan Obat Tradisional dan Suplemen Kesehatan (OT&SK) dalam rangka percepatan tindak lanjut hasil pengawasan iklan dan penandaan.

"Kegiatan ini dilaksanakan di daerah, kita datang mendekatkan diri dengan maksud, agar memberikan kemudahan kepada pelaku usaha, sehingga tidak perlu datang ke BPOM atau Balai POM," kata Indriaty Tubagus yang memimpin Timnya selama dua hari saat Bimtek di Surakarta, Jawa Tengah kepada Redaksi JamuDigital.Com, kemarin (20 Desember 2018).

Kegiatan desk consultation, lanjut Indriaty Tubagus, berupa konsultasi dan diskusi dalam rangka penyelesaian atas temuan ketidak sesuaian tentang iklan dan penandaan. "Pada kesempatan ini, juga kami membuka kesempatan pelaku usaha untuk berkonsultasi menyangkut registrasi iklan maupun registrasi produk,"

Bimtek ini dilakukan kepada sekitar 35 pelaku usaha obat tradisional dan suplemen kesehatan yang berada di Jawa Tengah. Dilaksanakan pada Rabu dan Kamis (19-20 Desember 2018), di The Hotel Sunan, Surakarta.

Kegiatan ini sebagai upaya pemberian pemahaman kepada pelaku usaha terkait ketentuan-ketenuan iklan dan penadaan dan Percepatan Tindak Lanjut Hasil Pengawasan dilakukan melalui desk consultation.

Hal ini penting, sebab Iklan dan Penandaan OT yang Tidak Memenuhi Ketentuan (TMK) dapat berisiko merugikan masyarakat dan bagi pelaku usaha itu sendiri. Untuk itu, pemahaman terhadap peraturan dan ketentuan tentang Iklan dan Penandaan OT yang berlaku adalah sebuah keharusan.

Pada kesempatan Bimtek tersebut juga dilakukan Minum Jamu Bersama oleh seluruh panitia dan peserta sebagai salah satu bentuk dukungan untuk melestarikan dan mengembangkan Jamu sebagai warisan budaya Indonesia. Redaksi HerbaIndonesia.Com.


Kolom Komentar
Berita Terkait