Atasi Demam dengan Daun Jambu Mede
Tanggal Posting : Senin, 10 Juni 2019 | 08:40
Liputan : Redaksi - Dibaca : 10 Kali
Atasi Demam dengan Daun Jambu Mede
Manfaat Daun Jambu Mede (Anacardium occidentale) untuk atasi demam. Foto: www.rumahtaman.com.

HerbaIndonesia.Com. Jambu mede atau jambu monyet, tersebar di daerah tropik dan ditemukan pada ketinggian antara 1-1.200 m dpl. Pohon, tinggi 8-12 m, memiliki cabang dan ranting yang banyak.

Batang melengkung, berkayu, bergetah, percabangan mulai dari bagian pangkalnya. Daun tunggal, bertangkai, panjang 4-22,5 cm, lebar 2,5-15 cm.

Helaian daun berbentuk bulat telur sungsang, tepi rata, pengkal meruncing, ujung membulat dengan lekukan kecil di bagian tengah, pertulangan menyirip, berwarna hijau.

Bunga berumah satu memiliki bunga betina dan bunga jantan, tersusun bentuk malai, keluar di ketiak daun atau di ujung percabangan. Buahnya buah batu, keras, melengkung.

Tangkai buahnya lama kelamaan akan menggelembung menjadi buah semu yang lunak, seperti buah peer, berwarna kuning, kadang-kadang bernoda merah, rasanya manis agak sepat, banyak mengandung air dan berserat.

Biji bulat panjang, melengkung pipih, warnanya coklat tua. Daun muda bisa dimakan sebagai lalap (mentah atau dikukus terlebih dahulu).

Buah semu rasanya sepat dan bisa dimakan sebagai rujak, dibuat minuman, anggur dan selai. Jika sudah diolah, harga biji jambu mede cukup mahal, dikenal dengan nama kacang mede.

Simplisia daun jambu mete mengandung senyawa golongan flavonoid, tanin, kuinon, dan steroid/triterpenoid.

Dari ekstrak n-heksana diperoleh isolat yang menghasilkan bercak berwarna merah-ungu setelah disemprot penampak bercak Liebermann Burchard. Isolat diduga merupakan suatu senyawa triterpenoid.

Proses Penyajian: 1 x 1 sachet (10 g serbuk)/hari, rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas. (Sumber: Buku "Formularium Obat Herbal Asli Indonesia Kemenkes", hal. 60). Redaksi HerbaIndonesia.com.


Kolom Komentar
Berita Terkait