Akupresur Dalam Meredakan Batuk Pilek Balita
Tanggal Posting : Minggu, 10 Juni 2018 | 11:30
Liputan : Redaksi - Dibaca : 188 Kali
Akupresur Dalam Meredakan Batuk Pilek Balita
Akupresur Dalam Meredakan Batuk Pilek Balita

HerbaIndonesia.Com. Batuk adalah respons alami dari tubuh sebagai sistem pertahanan saluran napas jika terdapat gangguan dari luar.

Respons ini berfungsi membersihkan lendir atau faktor penyebab iritasi atau bahan iritan (seperti debu atau asap) agar keluar dari paru-paru.

Batuk merupakan reflek tubuh untuk membersihkan jalan nafas, dari sesuatu yang mengganggu akibat adanya sumbatan jalan nafas bagian bawah oleh penumpukan lendir/dahak.

Batuk jarang mengindikasikan penyakit serius dan umumnya akan sembuh dalam waktu tiga minggu, sehingga tidak membutuhkan pengobatan. Keefektifan obat batuk juga belum terbukti sepenuhnya.

Meredakan batuk dapat dilakukan pemijatan pada lokasi yang letaknya 2 jari di atas pergelangan tangan, segaris ibu jari tangan.

Lokasi yang terletak pada pertengahan antara tempurung lutut dan mata kaki luar, 2 jari ke sisi luar dari tulang kering.

Akupresur untuk meredakan batuk pilek pada balita dapat dilakukan pemijatan pada lokasi yang letaknya di samping cuping hidung kanan dan kiri.

Lokasi yang terdapat pada 2 jari ke arah lateral dari ruas tulang punggung ketiga. (Sumber: "Buku Saku 1 Petunjuk Praktis Toga dan Akupresur", Kemenkes RI, hal. 21) (Redaksi HerbaIndonesiaCom)


Kolom Komentar
Berita Terkait